Tuesday 24 June 2014

Pembagian Jurusan Dalam Bidang Komputer

Unknown


                Di Indonesia ini, pendidikan teknologi sudah sangat pesat khususnya dalam bidang komputer. Perkembangan lebih lanjut bidang computer atau ilmu IT telah mengalami sebuah sub-sub pembagian yang sesuai dengan materinya tersebut. Ada beberapa sub mengenai bidang Komputer, yaitu


  • Computer Engineering (CE - Teknik Komputer)

Computer Engineering atau dalam bahasa Indonesia yaitu Teknik Komputer, adalah disini akan mempelajari antara lain tentang bagaimana mendesain dan merancang bagian-bagian dalam sebuah komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang dipelajari adalah tentang hardware, software, komunikasi dan juga memahami proses interaksi antar bagian tersebut. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.



  • Computer Science (CS  - Ilmu Komputer atau Teknik Informatika)

Computer Science atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ilmu Komputer ataupula disebut Teknik Informatika, adalah mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang saling terkait dengan pengembangan komputer. Ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.



  •  Information System ( IS - Sistem Informasi dan Manajemen Informatika)

Information System atau dalam bahasa Indonesia yaitu Sistem Informasi, adalah mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi. Manajemen Informatika bisa juga dibilang d3 nya sistem informasi


  •  Information Technology ( IT – Teknologi Informasi)

Information Technology atau dalam bahasa Indonesia yaitu Teknologi Informasi, adalah memelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Selain itu aspek non-teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.


  • Software Engineering (SE – Rekayasa Perangkat Lunak)

Software Engineering atau dalam bahasa Indonesia yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, adalah mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang bangun dan memelihara sebuah sistem software yang reliabel, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari customer atau pengguna. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

0 comments:

Post a Comment